Penyebab Utama Jerawat Muncul Pada Wajah

Penyebab Utama Jerawat Muncul Pada Wajah - Bertemu lagi dengan saya Admin Go Sehat Pedia, Kali ini saya menulis artikel dengan judul Penyebab Utama Jerawat Muncul Pada Wajah , semoga saja isi postingan mengenai Jerawat, bermanfaat buat sahabat Go Sehat Pedia.

Judul : Penyebab Utama Jerawat Muncul Pada Wajah
link : Penyebab Utama Jerawat Muncul Pada Wajah

Penyebab muncul pada wajah : sering sekali orang menurun akan kepercayaan dirinya karena diakibatkan munculnya jerawat di area wajah, padahal cuman benjolan kecil tapi hal tersebut bisa membuat kita sangat malu, beberapa kasus extreme malah takut keluar rumah gara gara takut jerawatnya di lihat orang, khususnya jerawat pada bagian pipi, hidung, dahi, dagu, kulit kepala, leher bahkan dada, dan hal tersebut di akibatkan oleh beberapa hal sepele dalam kehidupan sehar hari kita, untuk itu kita wajib mengetahui beberapa hal yang dapat menyebabkan jerawat muncul pada wajah kita.
banyak orang bertanya mengenai penyebab jerawat pada wajah kita, selain itu cara mengantisipasi jerawat juga salah satu keyword google yang sering dicari, hal tersebut membuktikan bahwa banyak orang masih kurang mengetahui penyebab jerawat pada wajah, untuk itu kali ini saya ulas mengenai penyebab umum penyakit kulit jerawat muncul di wajah. Karena dengan mengetahu sebab-sebab jerawat maka kita bias dengan mudah mengantisipasi hal tersebut, yang setidaknya kita bisa menagani sendiri jerawat kita dengan benar. Dan berikut ini adalah penyebab umum  penyebab kulit wajah berjerawat pada kita.
Jerawat dapat dipicu oleh benyak hal dalah kehidupan kita, bisa karena faktor internal maupun faktor eksternal, dan semua itu bisa kita tangani jika kita mengetahui penyebabnya dahulu sehingga kita bisa menidentifikasinya dan melakukan penaganan dengan benar. Oleh karena itu simak baik-baik dan jangan lupa di catet.

penyebab jerawat pada wajah
asal mula penyebab jerawat muncul di wajah

Penyebab Jerawat Muncul

1. Bakteria


Salah satu penyebab jerawat paling serius dan berbahaya adalah bakteria, karena bakteri  jerawat atau istilah kerenya P.ACNE yang biasa berada pada kulit cenderung akan terus berkembang dan semakin berkembang di dalam kelenjar sebaceous yang berakibat bagian tersebur tersumbat yang akhirnya didaerah tersebut akan berakibat iritasi. Setelah pembekakan pada area kulit  tersebut membesarmaka kelenjar tersebut akan pecah. Saat terjadi proses pembengkakan yang selanjutnya akan terjadi peradangan pada area tersebut dan biasanya disertai dengan rasa sakit pada area jerawat tersebut. Dan perlu diketahui bahwa ini adalah salah satu dari penyebab jerawat batu timbul, yang merupakan jerawat yang terasa sakit dan jika sudah sembuh akan menimbulkan bekas luka berupa lubang-lubang kecil pada wajah.

2. Minyak Berlebihan

Salah satu faktor internal atau gangguan dari dalam adalah akiibat produksi minyak berlebih, jadi walaupun kita sudah menjaga kebersihan wajah dan masih saja berjerawat maka jangan salahkan diri anda, jerawat itu terjadi karena kondisi kulit kita yang abnormal dengan produksi minyak yang berlebihan yang membuat penyumbatan pada saluran folikel dan pori kulit. Biasanya penyebabnya adalah produksi minyak yang menumpuk maupun bisa juga bakteri  yang berkaborasi dengan faktor external seperti penggunaan sabun. Dan minyak yang berlebih adalah masalah yang sering semua orang hadapi.

3. Sel kulit mati

Umumnya sel kulit mati terjadi karena diakibatkan oleh produksi hormone androgen yang amat banyak dan berimbas pada kelebihan kelenjar minyak, dan selanjutnya jerawat akan timbul disebabkan bakteri bercampur dengan sel kulit mati, tidak sebatas itu saja kulit tersebut juga akan mengalami penebalan karena bercampur dengan sabun maupun bedak dan menimbulkan bintik hitam atau bintik-bintik putih pada kulit. Dan umumnya terjadi di area wajah seperti bagian pipi, hidung, dahi, dagu, kulit kepala, leher bahkan dada dan punngung. Untuk mencegahnya kita harus menjaga kebersihan wajah agar tidak mudah terjangkit penyakit kulit jerawat yang diakibatkan oleh sel kulit mati

Penyebab Jerawat Membandel

Ada banyak sekali macan-macam penyebab jerawat membandel dan menimbulkan noda bekas jerawat, dan saya akan bahas 5 diantaranya :

1. Kurang menjaga kebersihan rambut

Kalian pasti bertanya-tanya, apa hubunganya rambut dengan wajah kita. Perlu diketahui bahwa salah satu penyebab utama jerawat  yang di alami oleh sebagian banyak orang. Untuk itu sangat penting bagi kita untuuk menjaga kebersihan rambut tersebut, kenapa? Itu karena ketika kulit kepala memproduksi minyak yang berlebih maka minyak tersebut akan mengalir ke wajah melalui rambut, dan apa bila minyak tersebut bercanpur dengan debu dan kotoran maka hal tersebut akan dapat menyumbat pori-pori kulit wajah, dan hal tersebut dapat memicu jerawat. Dan hal tersebutlah yang membuat jerawat yang datang akan membandel, walaupun sudah di tangani dengan cara yang benar.

2. Tekanan pada kulit

Tekanan pada kulit seperti saat ketiduran di lantai, menggunakan ponsel dan lain-lain, secara sengaja ataupun tidak sengaja hal tersebut dapat menimbulkan jerawat, apalagi kalau yang menekan kulit itu kotor dan tidak bersih maka pemicu jerawat muncul akan semakin tinggi, karena sesuatu yang kotor cenderung mengandung bakteri, untuk itu hati menekan kulit apalagi kulit di area wajah.

3. Faktor hormon

Mungkin sudah umum banyak orang mengetahui faktor hormone menjadi pemicu terbesar munculnya jerawat pada muka. Jerawat karena hormone akan muncul pada usia remaja 10 sampai 18 tahun dan akan mulai menghilang pada fase menuju dewasa sekitar 25 tahun. Namun beberapa kasus jerawat tetap muncul hingga usia 50 tahunan, dan pada umumnya wanita akan memiliki resiko lebih tinggi timbul jerawat saat akan mengalami menstruasi. Penggunaan obat-obatan tertentu juga akan memicu jerawat timbul, seperti penggunaan steroid, feniton, kortison dan lain-lain. Dan faktor ini juga hampir di alami semua orang.

4. Alergi makanan dan minuman tertentu

Salah satu penyebab ini dikarenakan karena kita memakan ataupun meminum sesuatu yang menyebabkan kita alergi dan memicu jerawat  muncul. Seperti memakan sea food maupun meminum sesuatu. Makanan yang mengandung zat tertentu dan jumlah tertentu  misalnya  memiliki jumlah zat vitamin A yang tinggi dan vitamin E yang rendah juga dapat memicu jerawat, apalagi makanan yang mengandung minyak jenuh.

5. Minuman bersoda

Perlu diketahui bahwa minuman bersoda memiliki kandungan yang dapat memicu jerawat muncul pada kulit kita. kenapa demikian ?, hal tersebut karena minuman bersoda dapat menimbulkan inflamasi pada tubuh. Dan soda juga dapat menurunkan kandungan PH pada tubuh, dan biasanya jerawat tersebut susah di atasi dan membandel. Untuk itu jangan terlalu sering minum minuman bersoda, tau sendiri kan efeknya?.

Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Jerawat

Ada dua faktor penyebab terjadinya jerawat pada kulit wajah atau muka kita, yaitu faktor internal dan external. Dan pada umumnya faktor eksternal bisa kita cegah namun sulit untuk mencegah yang berasal dari dalam tubuh, Berikut ini adalah penjelasanya :

1. Faktor eksternal

yaitu semua yang memepengaruhi jerawat dari rangsangan luar tubuh kita sendiri tanpa ada rangsangan dari dalam tubuh, berikut adalah faktornya :

  •  Merokok
  •  Minum minuman beralkohol
  •  Menggaruk wajah hingga kulit iritasi
  •  Kurang menjaga kebersihan wajah
  •  Rambut yang kotor dan lepek menempel pada kulit wajah
  •  Menggunakan pil KB
  •  Polusi udara yang kotor
  •  Kurangnya asupan vitamin A dan vitamin B pada tubuh
  •  Memencet jerawat dengan tangan kotor
  •  Kuranganya minum air putih
  •  Makan cokelat berlebihan
  •  Alergi pada zat kosmetik tertentu

2. Faktor internal

yaitu semua yang memepengaruhi jerawat dari dalam tubuh kita sendiri tanpa ada rangsangan dari luar tubuh, berikut adalah faktornya :


  •  Keturunan atau genetika
  •  Faktor usia
  •  Darah kotor
  •  Produksi kelenjar minyak berlebih
  •  Terlalu banyak beban pikiran(stress)
  •  Penurunan hormone (khusus wanita)
  •  Hormone testoteron (khusus pria)
  •  Paparan sinar matahari secara langsung
  •  Infeksi bakteri melalui pori-pori kulit wajah
  •  Pori-pori tersumbat akibat sel kulit mati.

Jadi kalian sekarang sudah tau akan faktor penyebab jerawat  muncul pada wajah, karena kalian sudah mengerti akan hal itu, sekarang terserah kalian mau mencegah jerawat muncul atau memebiarkan jerawat itu datang dan membuat kalian tidak percaya diri, semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa share agar teman kalian juga mengerti..hehhe




Bagaimana postingan Artikel tentang Penyebab Utama Jerawat Muncul Pada Wajah ?

Mungkin cukup sekian postingan Penyebab Utama Jerawat Muncul Pada Wajah kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda. Sampai bertemu kembali di postingan artikel selanjutnya. Jangan lupa bagikan artikel ini jika bermanfaat.

Terima kasih telah membaca artikel Penyebab Utama Jerawat Muncul Pada Wajah dengan alamat link https://gosehatpedia.blogspot.com/2017/12/penyebab-utama-jerawat-muncul-pada-wajah.html

Related Posts:

0 Response to "Penyebab Utama Jerawat Muncul Pada Wajah "

Post a Comment