12 Pengobatan Rumah Yang Ampuh Mengatasi Jerawat

12 Pengobatan Rumah Yang Ampuh Mengatasi Jerawat - Bertemu lagi dengan saya Admin Go Sehat Pedia, Kali ini saya menulis artikel dengan judul 12 Pengobatan Rumah Yang Ampuh Mengatasi Jerawat, semoga saja isi postingan mengenai Jerawat, bermanfaat buat sahabat Go Sehat Pedia.

Judul : 12 Pengobatan Rumah Yang Ampuh Mengatasi Jerawat
link : 12 Pengobatan Rumah Yang Ampuh Mengatasi Jerawat
Jerawat adalah salah satu penyakit kulit yang paling umum di dunia, yang mempengaruhi sekitar hampir  85% arang pernah atau masih memiliki jerawat. Perawatan jerawat konvensional bisa sangat mahal dan seringkali memiliki efek samping yang tidak diinginkan seperti kekeringan, kemerahan dan iritasi.

baca juga : Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat Dalam 1 Hari


Hal ini telah mendorong banyak orang untuk mencari cara bagaimana menyembuhkan jerawat secara alami di rumah. Internetpun dipenuhi dengan saran, tapi apakah perawatan alami benar-benar bekerja?, untuk itu kali ini saya akan share artikel tentang 12 pengobatan di rumah untuk jerawat yang didukung oleh sains ilmiah.

Pengobatan Yang Ampuh Mengatasi Jerawat
Pengobatan Yang Ampuh Mengatasi Jerawat di rumah


Apa Penyebab Jerawat?
Jerawat dimulai saat pori-pori di kulit kalian tersumbat dengan minyak dan sel kulit mati. Setiap pori terhubung ke kelenjar sebaceous, yang menghasilkan zat berminyak yang disebut sebum. Ekstra sebum dapat menyumbat pori-pori, menyebabkan pertumbuhan bakteri yang dikenal sebagai Propionibacterium acnes , atau P acnes . Sel darah putih kalian menyerang P  acnes , yang menyebabkan radang kulit dan jerawat. Beberapa kasus jerawat lebih parah daripada yang lain, tetapi gejala yang umum termasuk whiteheads, komedo dan jerawat. Banyak faktor yang berkontribusi terhadap perkembangan jerawat, termasuk hormon, gen (keturunan), diet, stres, dan infeksi kulit.

12 Pengobatan Rumah Yang Ampuh Mengatasi Jerawat

1. Aplikasikan Cuka Apel

Cuka sari apel dibuat dengan cara memfermentasi sari apel, atau jus yang tidak disaring dari apel yang diperas. Kenapa cuka apel dapat mengobati jerawat secara alami, berikut sedikit penjelasanya: Cuka sari apel mengandung beberapa asam organik yang sudah terbukti membunuh P acnes .Secara khusus, asam suksinat sudah terbukti menekan peradangan yang disebabkan oleh P. Acnes , yang dapat mencegah jaringan parut . Selain itu, asam laktat sudah terbukti dapat memperbaiki bekas jerawat. Terlebih lagi, cuka sari apel bisa membantu mengeringkan kelebihan minyak yang menyebabkan jerawat di tempat pertama muncul.

Bagaimana cara menggunakannya cuka apel sebagai obat jerawat:
  • Campur 1 bagian cuka sari apel dan 3 bagian air (gunakan lebih banyak air untuk kulit sensitif).
  • Sesudah dibersihkan,  oleskan campuran ke kulit dengan menggunakan kapas atau cotton bad.
  • Diamkan selama 5-20 detik, kemudian bilas dengan air dan keringkan.
  • Ulangi proses ini 1-2 kali per hari, sesuai kebutuhan.

Penting untuk dicatat bahwa mengoleskan cuka sari apel ke kulit kalian dapat menyebabkan luka bakar dan iritasi, jadi harus selalu digunakan dalam jumlah kecil dan diencerkan dengan air.

RINGKASAN:
Asam organik dalam cuka sari apel dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi munculnya bekas luka. Menerapkannya ke kulit dapat menyebabkan luka bakar atau iritasi, jadi harus digunakan dengan hati-hati.

2. Menggunakan Madu dan Kayu Manis

Baik madu dan kayu manis merupakan sumber antioksidan yang sangat baik bagi manusia. Penelitian sudah menemukan penerapan antioksidan pada kulit kita lebih efektif dalam mengurangi penyakit kulit jerawat dibandingkan peroksida benzoyl dan retinoid. Ini adalah dua obat jerawat umum untuk kulit yang memiliki sifat antibakteri.

Antioksidan yang dimaksud adalah vitamin B3, asam lemak linoleat (omega-6) dan sodium ascorbyl phosphate (SAP), yang merupakan turunan vitamin C. Antioksidan spesifik ini tidak ditemukan pada madu atau kayu manis, tetapi ada kemungkinan antioksidan lain memiliki efek yang sama.

Madu dan kayu manis juga memiliki kemampuan untuk melawan bakteri dan mengurangi peradangan kulit. Sementara anti-inflamasi, antioksidan dan sifat antibakteri pada madu dan kayu manis dapat berguna untuk kulit berjerawat, tetapi belum ada penelitian yang mendalam mengenai kemampuan mereka untuk mengobati jerawat.

Cara menggunakan Madu dan Kayu Manis untuk jerawat: 
  • Campur 2 sdm madu dan 1 sendok teh kayu manis untuk dijadikan pasta
  • Bersihkan area jerawat, kemudian oleskan pasta tersebut pada bagian jerawat, biarkan selama 10-15 menit.
  • Terakhir, bilas wajah dengan air bersih.

RINGKASAN:
Madu dan kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan dan antibakteri. Karena ini, mereka mungkin bermanfaat untuk kulit berjerawat.

3. Oleskan Teh Hijau ke Kulit kalian

Teh hijau sangat tinggi antioksidannya, dan meminumnya bisa meningkatkan kesehatan kita. tetapi belum ada penelitian yang mengeksplorasi manfaat minum teh hijau yang berhubungan dengan jerawat, tetapi menerapkannya secara langsung ke kulit sudah terbukti membantu. Hal tersebut kemungkinan karena flavonoid dan tanin dalam teh hijau diketahui membantu melawan bakteri dan mengurangi peradangan, yang merupakan dua penyebab utama jerawat . Antioksidan utama dalam teh hijau yaitu epigallocatechin 3 gallate atau disingkat  (EGCG) - sudah sangat terbukti mengurangi produksi sebum, melawan peradangan dan menghambat pertumbuhan P  Acnes pada individu dengan kulit berjerawat.

Beberapa penelitian sudah menunjukkan bahwa menerapkan ekstrak teh hijau antara 2 persen sampai 3% ke kulit secara signifikan akan mengurangi produksi sebum dan jerawat pada orang yang mempunyai jerawat. Kalian dapat membeli krim dan lotion yang mengandung teh hijau, tapi sama mudahnya membuat campuran sendiri di rumah.

cara menggunakan teh hijau
  • Rebus Teh hijau dalam air mendidih selama 3-4 menit.
  • Biarkan teh menjadi dingin.
  • Dengan menggunakan kapas, oleskan teh ke kulit atau tuangkan ke dalam botol semprot untuk disiram pada bagian wajah berjerawat.
  • Biarkan kering, lalu bilas dengan air dan keringkan.

Kalian juga bisa menambahkan sisa daun teh dengan madu membuat masker.

Meski tidak ada bukti bahwa minum teh hijau bisa melawan jerawat, beberapa penelitian menunjukkan masih bisa bermanfaat. Misalnya, minum teh hijau sudah terbukti menurunkan kadar gula darah dan insulin, yang merupakan faktor yang dapat berkontribusi terhadap perkembangan jerawat .

RINGKASAN:
Teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang membantu melawan bakteri dan mengurangi peradangan. Menerapkan teh hijau ke kulit sudah terbukti mengurangi jerawat secara signifikan.

4. Melembabkan dengan lidah buaya

Lidah buaya adalah tanaman tropis yang daunnya menghasilkan gel bening. Gel sering ditambahkan ke lotion, krim, salep dan sabun. Biasanya digunakan untuk mengobati lecet, ruam, luka bakar dan kondisi kulit lainnya. Bila dioleskan ke kulit, gel aloe vera dapat membantu menyembuhkan luka, mengobati luka bakar dan melawan peradangan. Lidah buaya juga mengandung asam salisilat dan belerang, yang keduanya banyak digunakan dalam pengobatan jerawat. Beberapa penelitian imuan menunjukkan bahwa penerapan asam salisilat pada kulit secara signifikan mengurangi jerawat. Demikian pula dengan kandungan sulfur yang sudah terbukti menjadi obat jerawat alamiah yang efektif Sementara penelitian menunjukkan harapan besar, sedangkan lidah buaya sebagai anti jerawat itu sendiri memerlukan bukti ilmiah lebih lanjut.

Bagaimana cara menggunakannya lidah buaya untuk mengobati jerawat
  • Singkirkan gel dari tanaman lidah buaya dengan sendok.
  • Oleskan gel langsung untuk membersihkan kulit sebagai pelembab.
  • Ulangi 1-2 kali per hari,  sesuai keinginan kalian.

Kalian juga bisa membeli gel aloe vera dari toko, tapi pastikan itu adalah buaya murni tanpa bahan tambahan.

RINGKASAN:
Bila dioleskan ke kulit, gel aloe vera dapat membantu menyembuhkan luka, mengobati luka bakar dan melawan peradangan. Ini mungkin bermanfaat bagi individu dengan kulit berjerawat, tetapi lebih banyak penelitian perlu dilakukan.

Kesimpulan

Jerawat adalah masalah umum dengan sejumlah penyebab yang mendasarinya. tetapi, perawatan konvensional bisa menyebabkan kekeringan, kemerahan dan iritasi. Untungnya, banyak solusi alami juga bisa efektif. Pengobatan rumah yang tercantum dalam 12 Pengobatan Rumah Yang Ampuh Mengatasi Jerawat ini mungkin tidak bekerja untuk semua orang, tapi mungkin patut dicoba. tetapi demikian, kalian mungkin alangkah baiknya  berkonsultasi dengan dokter kulit jika kalian memiliki jerawat yang parah.



Bagaimana postingan Artikel tentang 12 Pengobatan Rumah Yang Ampuh Mengatasi Jerawat ?

Mungkin cukup sekian postingan 12 Pengobatan Rumah Yang Ampuh Mengatasi Jerawat kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda. Sampai bertemu kembali di postingan artikel selanjutnya. Jangan lupa bagikan artikel ini jika bermanfaat.

Terima kasih telah membaca artikel 12 Pengobatan Rumah Yang Ampuh Mengatasi Jerawat dengan alamat link https://gosehatpedia.blogspot.com/2017/12/12-pengobatan-rumah-yang-ampuh.html

Related Posts:

0 Response to "12 Pengobatan Rumah Yang Ampuh Mengatasi Jerawat"

Post a Comment