Apa Itu Jerawat dan Jenisnya

Apa Itu Jerawat dan Jenisnya - Bertemu lagi dengan saya Admin Go Sehat Pedia, Kali ini saya menulis artikel dengan judul Apa Itu Jerawat dan Jenisnya, semoga saja isi postingan mengenai Jerawat, bermanfaat buat sahabat Go Sehat Pedia.

Judul : Apa Itu Jerawat dan Jenisnya
link : Apa Itu Jerawat dan Jenisnya

Banyak orang bertanya, apakah jerawat itu? Bagi orang awam jerawat adalah benjolan kecil sebesar kacang hijau berwarna kemerahan di area kulit wajah. Jenis-jenis jerawat itu apa aja? Beberapa orang beranggapan jerawat itu sama aja dan gak ada jenisnya. Tapi itu semua hanya anggapan orang awam,  padahal kenyataanya jerawat itu ada banyak jenisnya dan tidak hanya muncul di wajah saja namun juga muncul di area seperti pipi, hidung, dahi, dagu, kulit kepala, leher bahkan dada dan punngung dan meninggalkan bekas noda jerawat

Walaupun jerawat tidak terlalu sakit dan berukuran kecil namun akan sangat mengganggu penampilan dan menurunkan tingkat kepercayaan diri kita, untuk itu cara mengatasi jerawat dengan cepat dan alami sangatlah diperlukan, karena ada beberapa kasus remaja bunuh diri karena jerawat membandel. Untuk itu kali ini saya tulis mengenai apa itu jerawat dan apa aja jenis jerawat itu? Serta bagaimana cara jerawat muncul pada wajah


Apa Itu Jerawat dan Jenisnya
ada berapa jenis jerawat di kulit ????

Jenis-jenis jerawat pada kulit

Ada banyak jenis jerawat pada kulit manusia, yang biasanya muncul pada area bagian pipi, hidung, dahi, dagu, kulit kepala, leher bahkan dada dan punngung. Namun itu hanya letaknya saja, kenyataanya jenis jerawat tidak dilihat dari bentunya saja, ada juga jenis jerawat yang dikenal masyarakat. Berikut adalah jenis jerawat

baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat Dalam 1 Hari Dengan Bahan Alami

Jenis-jenis jerawat pada kulit yang sering dijumpai

a. Jerawat batu

Jerawat batu adalah jerat yang memiliki ukuran lebih besar dari ukuran jerawat biasanya, walaupun namanya jerawat batu tapi ukuranya tidak sama dengan batu lho. Jerawat batu lebih besar dari ukuran jerawat biasanya karena mengalami peradangan yang sangat hebat dan rasanya menyakitkan dan harus segera di obati, dan apabila di biarkan begitu saja maka akan berakibat  buruk bagi kulit kemudian meninggalkan bekas luka jerawat yang tidak enak dipandang mata.

b. Jerawat pasir

Kenapa dinamakan jerawat pasir? Bukan karena terkena pasir lho, tapi  karena jerawat pasir adalah jerawat kecil-kecil dan amat banyak sehingga mirip dengan kumpulan pasir, jerawat pasir memiliki perbedaan dengan jerawat batu, jerawat batu sangat menyakitkan namun untuk jerawat pasir tidak begitu menyakitkan namun sangat tidak enak di pandang mata.

Jenis-jenis jerawat berdasarkan bentuknya

a. Komedo

Komedo sering kita jumpai pada banyak orang, salah satunya saya sendiri. Dan perlu kalian ketahui bahwa komedo termasuk salah satu jerawat. Dan biasanya terjadi karena pori-pori kulit tersumbat, dan tidak mengalami peradangan rasanya pun tidak sakit, tapi risih karena muka jadi terlihat kotor, dan biasanya muncul disekitar samping hidung berupa bintik hitam ataupun putih. Komedo sendiri dibagi menjadi 2 macam :
  • Komedo tertutup atau istilah kerenya black head comedo yang ciri umumya berwarna kehitaman pada pori-pori yang tersumbat
  •  Komedo terbuka atau white hide comedo yang memiliki ciri-ciri pada pori-pori yang tersumabat meemiliki warna putih cenderung putih pucat



b. Jerawat radang

Apakah jerawat radang itu ?. perlu di ketahui bahwa jerawat radang bisa terjadi apabila kantong folikel yang berada pada dermis terisi dengan lemak, dan hal tersebut akan membuat dermis mengembung. Setelah ituakan pecah sehingga darah putih akan menyerang pada daerah folikel sehingga akan terjadi peradangan pada kulit tersebut. Dan jerawat tipe ini biasanya sangatlah menyakitkan dan biasanya ukurannya lebih besar dari jerawat biasa maupun komedo dan  didalam jerawat tersebut berisi sel darah putih (nanah). Jangan berani-berani memencetnya dengan tangan kotor ataupun menggunakan alat yang tidak bersih, karena jika salah penanganan bisa jadi infeksi karena kuman dari luar masuk yang akan membuat peradangan semakin parah.

c. Jerawat konglobata

Jarawat tipe ini biasanya merupakan kumpulan dari jerawat-jerawat dan biasanya berbentuk bisul. Jerawat konglobata biasanya berawal dari satu jerawat saja dan akan bertambah terus menjadi semakin banyak dan tambah banyak. Jerawat itu akan kelihatan bergerombol dan kelihatan seperti menjadi satu yang semakin melebar dan berisi nanah. Kenapa bisa terjadi jerawat konglobata?. Kemungkinan besar karena kita memecahkan atau memencet jerawat menggunakan sesuatu yang kotor, seperti menggunakan tangan kotor / kuku ataupun menggunakan alat yang kotor, karena hal tersebut akan membuat kuman menyebar dan membuat kondisi jerawat pada kulit tersebut semakin parah. Dan perlu diketahui walaupun jerawatnya bisa disembuhkan dengan obat jerawat, namun bekas luka akan terlihat mencolok.

Macam-Macam Jerawat Menurut Para Ahli

a. Jerawat juvenil

Jerawat ini merupakan jerawat yang disebabkan oleh perubahan hormon dimasa-masa remaja yang berada pada fase puber, yang biasa terjadi pada rentang umur 10 sampai 24 tahunan. Hal itu dikarenakan hormone pada tubuh yang tidak stabil. Jadi jika kalian pada fase ini jangan heran kalau sudah hilang kemudian muncul lagi, karena hal tersebut dipengaruhi faktor hormone dari dalam.

b. Jerawat rosacea

Jika jerawat juvenil di pengaruhi oleh hormone dan biasanya menjangkiti remaja, berbeda sekali dengan jerawat rosacea yang biasnya muncul pada perempuan  dengan umur rentang 30 sampai 50 tahun. Jenis jerawat rosacea biasanya akibat dari peradangan kemudian menimbulkan lipatan pada daerah hidung dan terlihat memiki sisik. Dan jika kalian terkena jerawat ini maka kalian harus cepat-cepat konsultasi dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.

c. Jerawat vulgaris

Kalian pasti sudah mengenal dan akrab dengan jerawat yang satu ini, jerawat ini adalah komedo kalau istilah dalam ilmu kesehatan yaitu vulgaris. Jerawat ini adalah yang paling sering di jumpai banyak orang, jerawat inipun mudah di obati baik menggunakan obat dari apotik maupun obat alami dan obat tradisional. Jadi jangan khuatir seolah-olah kiamat jika mendapati muka kalian terkena jerawat komedo ini.

d. Jerawat nitrosica

Jerawat nitrosica adalah tipe jerawat yang sangat berbahaya kesehatan kulit, karena jika kita salah penanganan dan pengobatan bisa membuat lubang pada kulit wajah dan merusak muka lho, jadi hati-hatilah. Jika terkena jerawat nitrosica solusinya adalah cepat ke dokter spesialis dan konsultasi. Karena sangat berbahaya dan dapat merusak kecantikan wajah.

Lengkap sudah informasi  tentang apa itu jerawat dan jenisnya pada kulit kita, sekarang tinggal kalian menyikapi jerawat itu bagaimana. Jangan takut akan jerawat jika kalian sudah tau jenis jerawat pada kulitmu, melakukan pencegahan jerawat dan penanganan yang benar tidak asal-asalan. Sebab utama jerawat muncul adalah karena kurangnya kita menjaga kebersihan kulit dan karena perubahan hormone, terutama pada remaja.sekian penjelasan dari saya dan semoga informasi ini berguna dan bermanfaat bagi kalian.






sumber: wikipedia


Bagaimana postingan Artikel tentang Apa Itu Jerawat dan Jenisnya ?

Mungkin cukup sekian postingan Apa Itu Jerawat dan Jenisnya kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda. Sampai bertemu kembali di postingan artikel selanjutnya. Jangan lupa bagikan artikel ini jika bermanfaat.

Terima kasih telah membaca artikel Apa Itu Jerawat dan Jenisnya dengan alamat link https://gosehatpedia.blogspot.com/2017/12/apa-itu-jerawat-dan-jenisnya.html

Related Posts:

0 Response to "Apa Itu Jerawat dan Jenisnya"

Post a Comment