Cara Menyembuhkan Diri dari Trauma Psikologis

Cara Menyembuhkan Diri dari Trauma Psikologis - Bertemu lagi dengan saya Admin Go Sehat Pedia, Kali ini saya menulis artikel dengan judul Cara Menyembuhkan Diri dari Trauma Psikologis, semoga saja isi postingan mengenai Aktifitas, Psikologi, bermanfaat buat sahabat Go Sehat Pedia.

Judul : Cara Menyembuhkan Diri dari Trauma Psikologis
link : Cara Menyembuhkan Diri dari Trauma Psikologis
Trauma bisa menimbulkan gangguan kesehatan mental yang serius. Menghilangkan bayang-bayang trauma tidaklah mudah, rasa stres akibat trauma bisa terus ada seumur hidup.

Beberapa contoh trauma yaitu kecelakaan, kehilangan orang terdekat, korban bullying, pemerkosaan, bencana alam, dll.

Ilustrasi Trauma
Photo: https://pxhere.com/en/photo/952521

Dampak dari rasa trauma yaitu gangguan mental, perubahan prilaku, gangguan kehidupan sosial, hingga bisa berpengaruh ke kondisi fisik (gangguan kesehatan).

Orang-orang yang mengalami rasa tramua hendaknya curhat atau menceritakan kondisinya kepada orang terdekat.

Dengan menceritakan kondisi diri sendiri kepada orang yang menyayangi diri kita maka akan membuat lebih lega dan perasaan menjadi lebih baik.

Support dari orang-orang tercinta (orang-orang dekat) sangatlah penting, dan bisa meringankan rasa tidak nyaman pada jiwa.

Mengatasi Trauma Pada Jiwa

Sangat penting untuk menyibukan diri dan menjalani aktivitas-aktivitas yang bisa membuat Anda lebih tenang. Hal ini diharapkan dapat mengalihkan perhatian Anda pada berbagai aktivitas yang penting dan menarik

Jangan isi waktu luang Anda dengan mendengarkan lagu sedih dan hal-hal yang bisa menyebabkan stimulus negatif.

Ketika Anda sering mendengarkan lagu sedih dikhawatirkan dapat berpengaruh tidak baik pada keadaan emosi Anda, yang kemudian dapat membangkitkan rasa trauma masa lalu.

Salah satu kegiatan yang sangat bagus untuk Anda lakukan yaitu olahraga. Berolahraga menjadi cara yang bagus untuk menghilangkan rasa trauma.

Olahraga bermanfaat untuk kesehatan fisik maupun mental. Lakukan jenis olahraga yang Anda senangi, jadikan olahraga sebagai masa-masa yang menyenangkan.

Jangan jauhkan diri dari lingkungan sosial

Menjauhkan diri dari orang terdekat yang mencintai Anda, justru akan membuat Anda sendirian sehingga memperburuk rasa trauma.


Tidurlah Yang Cukup (Jangan Begadang)

Tidur sangatlah penting karena akan mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Tidurlah pada malam hari (sekitar jam 9 malam) sehingga Anda akan bangun di waktu fajar (atau pagi) dengan kondisi fisik dan pikiran yang fresh.

Dengan fisik dan pikiran yang fresh sehingga dapat meredakan rasa trauma, stres ataupun pikiran yang berat.

Adapun jika kekurangan tidur maka menyebabkan ketidakstabilan emosi, yang berdampak buruk pada kondisi jiwa dan rasa trauma.

Ikut Kegiatan Sosial

Anda bisa mengikuti berbagai macam kegiatan sosial, pilihlah kegiatan sosial yang Anda rasa sangat bagus.

Melakukan kegiatan sosial akan mengalihkah dan menghilangkan rasa trauma, serta memberikan pengalaman hidup yang bermanfaat untuk Anda.

Mengikuti kegiatan sosial juga akan membuat Anda bertemu dengan orang-orang yang baik (sukarelawan).

Ambil Nafas Panjang

Rasa trauma akan mengganggu kestabilan jiwa dan pikiran. Cobalah menarik nafas panjang untuk merileksasi diri Anda sendiri.

Dengan menarik nafas panjang akan menghindarkan Anda dari perasaan negaif dan emosi berlebihan.

Hal-hal lainnya untuk mengatasi rasa trauma:
  • Berpikir jika semua sudah berlalu. Berbagai kenangan buruk adalah masa lalu dan sudah berakhir. Ada banyak hal lainnya yang perlu Anda kerjakan di masa depan.
  • Selalu berpikir positif. Jangan sampai rasa trauma berlangsung lama sehingga menyebabkan depresi. Berbagai pikiran yang memunculkan rasa trauma harus disingkirkan.
  • Fokuslah pada hal-hal yang menyenangkan dan bermanfaat. Jangan berkutat pada sesuatu yang tidak berguna.
  • Liburan ke tempat yang menyenangkan. Anda bisa jalan-jalan setiap akhir pekan ataupun setiap dua pekan sekali. Sehingga pikiran dan perasaan Anda bisa teralihkan dari rasa trauma.
  • Anda disarankan berteman dengan orang orang yang pernah lepas dari trauma. Anda mungkin akan tahu jika banyak orang lain yang pernah terkena rasa trauma yang lebih berat dibandingkan Anda. 

Sebagai penutup, ingat bahwa mengonsumsi minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang justru akan memperburuk kondisi trauma.

Jika trauma yang dialami tidak kunjung hilang, Anda mungkin membutuhkan bantuan ahli psikoterapi atau psikater. Untuk menghilangkan trauma, jangan segan untuk meminta bantuan orang terdekat atau para ahli.


Bagaimana postingan Artikel tentang Cara Menyembuhkan Diri dari Trauma Psikologis ?

Mungkin cukup sekian postingan Cara Menyembuhkan Diri dari Trauma Psikologis kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda. Sampai bertemu kembali di postingan artikel selanjutnya. Jangan lupa bagikan artikel ini jika bermanfaat.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Menyembuhkan Diri dari Trauma Psikologis dengan alamat link https://gosehatpedia.blogspot.com/2018/09/cara-menyembuhkan-diri-dari-trauma.html

Related Posts:

0 Response to "Cara Menyembuhkan Diri dari Trauma Psikologis"

Post a Comment