Mimisan Pada Anak

Mimisan Pada Anak - Bertemu lagi dengan saya Admin Go Sehat Pedia, Kali ini saya menulis artikel dengan judul Mimisan Pada Anak, semoga saja isi postingan mengenai kesehatan ibu dan anak, perawatan bayi, bermanfaat buat sahabat Go Sehat Pedia.

Judul : Mimisan Pada Anak
link : Mimisan Pada Anak
Mengatasi Mimisan Pada Anak

Mimisan pada anak ditandai dengan keluarnya darah pada hidung. Kondisi ini disebut juga dengan epistaksis dan terjadi karena pendarahan pada rongga hidung anak.

Dengan daya tahan tubuh anak yang masih rentan dan belum stabil, membuat anak masih sering terserang penyakit. Mimisan termasuk gejala dari beberapa penyakit yang menyerang anak-anak.

Mimisan merupakan pendarahan yang terjadi pada hidung. Darah yang keluar bisa terjadi pada salah satu lubang hidung ataupun kedua-duanya dengan durasi yang bervariasi. Bisa hanya dalam beberapa detik bahkan ada yang mengalami lebih dari lima menit. Mimisan kadangkala dapat terjadi ketika sedang tidur.

Golongan beresiko mengalami mimisan

Beberapa golongan kelompok orang yang memiliki resiko terjadinya mimisan ini antara lain, anak-anak, ibu hamil, lansia dan orang yang memiliki riwayat gangguan pembekuan darah.

Mengapa mimisan terjadi pada anak-anak ?

Pada umumnya pembuluh darah pada anak cenderung masih tipis karena sedang dalam masa pertumbuhan. Hal ini menyebabkan ketebalan pembuluh darah pada hidung anak lebih tipis dari keadaan normal. Karena itu mimisan pada anak sering terjadi hanya dengan mengalami beberapa kondisi.

Berikut dibawah ini adalah beberapa penyebab mimisan pada anak yang sering terjadi, antara lain :

1.    Anak memiliki riwayat penyakit pilek / flu
2.    Anak mengalami benturan (trauma) pada rongga hidung
3.    Cuaca yang terlampau panas dan dehidrasi pada tubuh anak
4.    Efek samping pemakaian obat-obatan jenis tertentu pada anak

Mimisan sebagai gejala penyakit lain pada anak

Mimisan sebenarnya tidak berbahaya bagi anak, namun ketika mimisan pada anak terjadi, bisa menjadi petunjuk sebagai gejala awal munculnya penyakit lain pada anak.

Apa saja gejala penting yang patut anda waspadai bila mimisan terjadi pada anak ?

Cermati beberapa informasi dibawah ini dengan seksama, karena diperlukan penanganan segera dengan membawa anak anda ke dokter.

Empat gejala vital menyertai mimisan pada anak yang patut ketahui.
  • Terjadi pendarahan di area lain di tubuh anak, misalnya telinga, mulut dan saluran pencernaan.
  • Mimisan terjadi dalam waktu lebih dari 30 menit.
  • Jumlah darah yang keluar dari hidung anak sangat banyak (tidak normal).
  • Mimisan pada anak sering terjadi, bisa beberapa kali dalam seminggu.
Semoga bermanfaat.


Bagaimana postingan Artikel tentang Mimisan Pada Anak ?

Mungkin cukup sekian postingan Mimisan Pada Anak kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda. Sampai bertemu kembali di postingan artikel selanjutnya. Jangan lupa bagikan artikel ini jika bermanfaat.

Terima kasih telah membaca artikel Mimisan Pada Anak dengan alamat link https://gosehatpedia.blogspot.com/2017/01/mimisan-pada-anak.html

Related Posts:

0 Response to "Mimisan Pada Anak"

Post a Comment