Penyakit Tipes pada Anak, Gejala dan Cara Mengatasinya

Penyakit Tipes pada Anak, Gejala dan Cara Mengatasinya - Bertemu lagi dengan saya Admin Go Sehat Pedia, Kali ini saya menulis artikel dengan judul Penyakit Tipes pada Anak, Gejala dan Cara Mengatasinya, semoga saja isi postingan mengenai kesehatan ibu dan anak, bermanfaat buat sahabat Go Sehat Pedia.

Judul : Penyakit Tipes pada Anak, Gejala dan Cara Mengatasinya
link : Penyakit Tipes pada Anak, Gejala dan Cara Mengatasinya
Penyakit Tipes pada anak memiliki tingkat resiko bahaya yang cukup tinggi, apalagi bila terjadi pada bayi (anak dibawah umur 1 tahun). Gejala penyakit tipes pada anak hampir mirip dengan gejala penyakit demam berdarah dengue (DBD), karena itu diperlukan pemeriksaan oleh dokter guna memastikan apakah anak terserang penyakit Tipes.

Kita wajib mewaspadai penyakit tipes pada anak karena bisa membahayakan jiwa anak bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Berdasarkan media penularannya, penyakit Tipes sangat rentan terjadi pada anak-anak daripada orang dewasa.

Mengenal Penyakit Tipes dan Penyebabnya

Penyakit Tipes disebabkan adanya infeksi bakteri di usus halus pada tubuh kita yang disebut dengan Salmonella Paeartyphi atau Salmonella Typhi. Pada umumnya bakteri ini masuk ke dalam tubuh melalui perantara makanan yang dikonsumsi oleh penderita.

Anak-anak lebih beresiko terkena penyakit Tipes karena anak-anak lebih sering mengkonsumsi makanan sembarangan di luar rumah. Makanan yang sudah tercemar bakteri tipus menjadi salah satu sebab utama tertularnya penyakit ini.

Bakteri penyebab Tipes kemudian berkembang biak di dalam usus halus dan akhirnya dapat merusak dinding usus. Setelah bakteri pada usus berkembang biak, mereka bisa menyebar ke saluran limfa hingga ke pembuluh darah dalam tubuh kita. Proses seperti ini bisa terjadi hanya dalam waktu 24 jam hingga 27 jam saja.

Gejala Tipes biasanya mulai terlihat setelah bakteri sudah menyebar ke dalam pembuluh darah, karena itu penyakit ini sulit untuk disembuhkan dan membutuhkan perawatan yang intensif agar dapat sembuh total.

Gejala Penyakit Tipes yang wajib kita waspadai

Gejala penyakit Tipes pada anak yang biasa terjadi adalah adanya demam tinggi yang semakin naik setiap hari, terutama pada malam hari dengan panas lebih tinggi dari biasanya. Rentang waktu terjadinya demam pada anak karena penyakit Tipes bisa terjadi hingga 7 sampai dengan 10 hari. 

Demam karena penyakit Tipes juga cukup khas karena ditandai dengan suhu tubuh anak yang mengalami naik turun setelah beberapa hari pertama.

Gejala lainnya adalah anak akan mengalami sakit perut, sakit kepala, diare bahkan sulit untuk buang air besar. Pada tahap kronis juga bisa menyebabkan anak mudah pingsan. Gejala Penyakit Tipes pada anak bisa juga ditandai dengan ciri khas khusus lainnya, yaitu muncul bau tidak sedap pada mulut anak. 

Penyakit Tipes bisa terjadi pada segala usia, untuk itulah kita mesti mewaspadai terjadinya penyakit ini di lingkungan sekitar kita. Tingkat resiko bahaya yang lebih tinggi penyakit ini apabila terjadi pada bayi (anak dibawah usia 1 tahun), daya tahan bayi yang masih sangat minim akan sangat beresiko menyebabkan kematian.

Penyakit Tipes yang menyerang pada bayi lebih sulit untuk dikenali karena bayi belum bisa memberi respon langsung seperti pada anak-anak maupun orang dewasa. Biasanya gejala demam pada bayi yang terserang Tipes, suhu badannya akan naik pada sore hari, kemudian akan mereda pada pagi hari hingga siang harinya. Ciri lainnya adalah lidah yang terlihat memutih, namun pada bagian tepi dan ujung lidah bayi tetap terlihat merah.

Ketika demam pada anak karena penyakit Tipes disertai muntah, ini berarti bakteri sudah berkembang di dalam organ hati dan limpa anak. Pembengkakan bagian organ tersebut memberi tekanan pada lambung anak hal inilah yang kemudian menyebabkan terjadinya muntah.

Baca juga : Mengatasi Demam pada Anak

Mengatasi Penyakit Tipes pada Anak

Penanganan penyakit Tipes pada anak yang utama adalah dengan segera membawa anak ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Langkah ini diperlukan guna mendapatkan hasil diagnosa yang tepat agar tindakan perawatan dan pengobatan yang diberikan akan lebih efektif.

Pada umumnya, perawatan untuk penyakit Tipes diperlukan rawat inap di rumah sakit atau beristirahat total di rumah.

Mengapa diperlukan beristirahat total ketika sedang dalam masa perawatan penyakit Tipes ?  

Sebenarnya penderita penyakit Tipes tidak diperbolehkan untuk aktif bergerak terlalu banyak. Hal ini disebabkan karena bakteri atau virus penyebab Tipes bisa lebih aktif menyerang bila tubuh penderita aktif bergerak. Semakin penderita Tipes banyak bergerak, bakteri dalam tubuh penderita juga akan lebih aktif berkembang.

Penderita Tipes wajib memperhatikan asupan gizi makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya. Dengan mendapatkan asupan gizi yang baik maka penderita akan mendapatkan dukungan yang cukup agar cepat sembuh.

Selain penderita Tipes harus beristirahat total, pengobatan penyakit Tipes pada anak dilanjutkan dengan pemberian obat sesuai dengan resep yang telah dibuat oleh dokter. Obat tradisional yang bisa diberikan pada penderita Tipes adalah ekstrak cacing. Obat dari eksrak cacing semacam ini sekarang sudah banyak tersedia dalam berbagai kemasan seperti pil dan kapsul untuk mempermudah mengkonsumsinya.

Semoga bermanfaat …

Baca juga : 7 Penyakit yang sering menyerang anak-anak


Bagaimana postingan Artikel tentang Penyakit Tipes pada Anak, Gejala dan Cara Mengatasinya ?

Mungkin cukup sekian postingan Penyakit Tipes pada Anak, Gejala dan Cara Mengatasinya kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda. Sampai bertemu kembali di postingan artikel selanjutnya. Jangan lupa bagikan artikel ini jika bermanfaat.

Terima kasih telah membaca artikel Penyakit Tipes pada Anak, Gejala dan Cara Mengatasinya dengan alamat link https://gosehatpedia.blogspot.com/2017/02/penyakit-tipes-pada-anak-gejala-dan.html

Related Posts:

0 Response to "Penyakit Tipes pada Anak, Gejala dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment